Powered By Blogger

Senin, 29 Juni 2015

KISAH PENCIPTAAN AKAL DAN NAFSU.


Kemudian  Allah menciptakan akal kemudian berfirman :''Wahai akal menghadaplah engkau.''Maka akal pun menghadap Allah.''Kemudian Allah berfirman:''wahai akal berbaliklah engkau.'' lalu akal pun berbalik.''Kemudian Allah berfirman:''wahai akal siapakah aku?''lalu akal menjawab.''engkau adalah tuhan yang menciptakan aku, dan aku adalah hamba-mu yang lemah.''kemudian Allah berfirman:''wahai akal, tidak aku ciptakan makhluk yang lebih mulia dari engkau.''


Setelah itu Allah menciptakan nafsu, Allah-pun berfirman.''Wahai nafsu menghadaplah engkau.''Nafsu tidak menjawab sepatah katapun malah mendiamkan diri.
Kemudian Allah berfirman lagi.''wahai nafsu siapa engkau dan siapa aku.?''lalu nafsu berkata.''aku adalah aku dan engkau adalah engkau.''setelah itu Allah menghukum nafsu selama 1000 tahun di neraka yang amat panas.!Allah menghukum nafsu selama 1000 tahun di neraka yang sangat dingin.!

Kemudian Allah mengeluarkanya dan berfirman:''Siapakah engkau dan siapakah aku?''lalu nafsu berkata.''aku adalah aku, dan engkau adalah engkau.''lalu Allah berfirman.''masih begitu juga kau nafsu.'' setelah itu Allah menghukum nafsu selama 1000 tahun di neraka dan dilaparkan!Setelah itu Allah berfirman kepada nafsu.''Wahai nafsu siapakah kamu?''lalu nafsu menjawab aku adalah hamba-mu dan engkau adalah tuhanku. lalu Allah berfirman.''wahai nafsu sekarang engkau masuklah bersama tubuh anak adam.''
( kitap karangan Ustman bin hasan bin ahmad Asy-Saakir Alkhaubawiyi ,seorang ulama yang hidup dalam abad  ke XIII Hijriyah ).

Akal adalah makhluq suci dengan fitrah Illahi, Akal itu  ibarat kusir yang mengendalikan nafsu.
Dimanakah letak Akal dan nafsu?
Akal dan nafsu itu terletak di dalam QOLBU, qolbu dalam arti jasmani adalah organ jantung manusia, diterangkan dalam hadtis nabi riwayat muslim, Nabi bersabda :Ketahuilah, sesungguhnya di dalam jasad terdapat segumpal daging, apabila dia baik maka jasad tersebut akan memjadi baik, sebaliknya apabila dia buruk maka jasad tersebut akan menjadi buruk, Ketahuilah segumpal daging itu adalah ''Qalbu''''.( Hadist Riwwayat Bukhori ).

Qalbu dalam bahasa arab artinya jantung,
Nafsu jangan di buang tapi di kendalikan, dan sebaik-baiknya menahan hawa nafsu adalah dengan berpuasa.
( semoga bermanfaat bagi semua ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Wikipedia

Hasil penelusuran